Sharing informasi perkembangan PPID, BAKORWIL Madiun Kunjungi PPID Kota Madiun

Madiun – Keterbukaan informasi publik merupakan Hak Asasi Manusia untuk mengetahui segala informasi demi pemenuhan kebutuhan perkembangan pribadi maupun lingkungan sosialnya. Keterbukaan informasi publik ini merupakan bentuk pengoptimalan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik lainnya.

Sebagai negara demokratis, keterbukaan informasi publik merupakan hak yang dimiliki publik untuk mendapatkan informasi. Berdasarkan hal tersebut Pemerintah Kota Madiun menerbitkan standar operasional pelayanan publik yaitu Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) Kota Madiun sebagai wadah penyalur segala informasi pemerintahan yang dapat diakses oleh masyarakat.

Sebagai wadah penyalur informasi, PPID Kota Madiun berkewajiban untuk menyediakan segala informasi publik secara cepat, benar, dan akurat. Selaras dengan hal tersebut, PPID Kota Madiun mendapat kunjungan dari Badan Koordinasi Wilayah (BAKORWIL) Madiun pada hari Selasa (21/3) di Ruang PPID Pemerintah Kota Madiun.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Madiun, Zawawi, menyambut hangat kunjungan dari BAKORWIL Madiun yang terdiri dari 3 (tiga) orang yaitu Gatot, Saud, dan Arista. Hadir pula Kepala Sub Bagian (Kasubag) Umum dan Keuangan Diskominfo Kota Madiun, Aris Susi Yulianawati, Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Informasi dan Statistik, Eko Budiono, Kasi Aplikasi dan Tata Kelola Pemerintahan Elektronik, Noor Aflah dan staff PPID Kota Madiun yang juga ikut menyambut dalam kunjungan dari Bakorwil Kota Madiun.

Pihak BAKORWIL Madiun mengungkapkan tujuan kunjungan BAKORWIL ke PPID Kota Madiun untuk mengetahui informasi tentang perkembangan PPID Kota Madiun. Selain itu tujuan lain dari kunjungan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan pelayanan PPID Kota Madiun dalam memberikan akses informasi kepada masyarakat baik pemberian informasi secara langsung maupun melalui website.

Dalam kunjungan kali ini lebih bersifat sharing tentang bagaimana pengelolaan pelayanan PPID yang seharusnya diterapkan agar bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan tugasnya sebagai pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan pelayanan informasi di badan publik.

Lebih lanjut Zawawi menjelaskan bahwa dari segi pelayanan PPID sudah terpenuhi baik ruangan yang nyaman bagi pemohon informasi, sarana dan prasarana teknis untuk menunjang pelayanan berupa komputer dan printer sudah tersedia.

Tanggapan dari pihak BAKORWIL Madiun atas kunjungannya cukup terkesan dan ikut bangga atas pencapaian yang sudah dilakukan oleh PPID Kota Madiun dalam pemberian akses informasi bagi masyarakat. Meskipun terdapat kendala teknis yaitu dari segi website PPID yang masih dalam proses perbaikan karena sempat terkena hack pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun pihak BAKORWIL Madiun percaya bahwa PPID Kota Madiun pasti akan segera berbenah.

Atas kendala tersebut, Pihak PPID Kota Madiun berjanji akan segera memperbaiki website PPID agar informasi yang dibutuhkan masyarakat bisa segera diakses dengan cepat dan tepat sesuai dengan motto dari PPID Kota Madiun. (Kmf)