PPDB Online Tahap II Dibuka, Dindik Imbau Peserta Hati-Hati Sebelum Pilih Sekolah

  • Berita PPID
  • 13 Jun 2024

PPDB Online Tahap II Dibuka, Dindik Imbau Peserta Hati-Hati Sebelum Pilih Sekolah


MADIUN - Pertarungan untuk mendapatkan sekolah melalui jalur zonasi bagi calon peserta didik SD dan SMP negeri telah dibuka. Kamis (13/6), siswa sudah bisa melakukan pendaftaran sekolah secara online sejak pukul 00.01.

Kepala Bidang Kurikulum, Pembinaan Bahasa dan Sastra Dinas Pendidikan Kota Madiun Slamet Hariyadi pun mengimbau calon peserta didik untuk memperhatikan pilihannya.

"Tahun ini ada zonasi terdekat dan sebaran. Pertimbangkan jarak antara rumah dengan sekolah yang dipilih," ujarnya.

Menurut Hariyadi, semua sekolah di Kota Madiun telah memiliki kompetensi yang sama. Baik dari kualitas pengajar maupun sarana prasarananya juga telah memenuhi standar. Sehingga, seluruh peserta didik akan mendapatkan pendidikan yang sama di semua sekolah.
Hariyadi pun mencontohkan SMPN 9 dan SMPN 10 yang telah mendapatkan predikat sekolah penggerak. Tak sedikit pula guru di sekolah tersebut yang menjadi guru penggerak. Dengan begitu, otomatis kualitas pendidikannya sudah berstandar nasional.

"Saya harap orang tua juga fokus terhadap kebutuhan mendapatkan pendidikan di dalam kota. Bukan fokus terhadap sekolahnya di mana," imbuhnya.

Meski baru hari pertama pendaftaran, pagu sejumlah sekolah tampak sudah terisi. Meski begitu, hasil saat ini bukanlah final. Sebab, jalur zonasi masih dibuka hingga 15 Juni mendatang. Sehingga, masih ada kemungkinan tergeser.

"Untuk siswa yang tergeser di kesempatan pertama, masih bisa mendaftar di kesempatan kedua selama pendaftaran PPDB tahap II masih dibuka. Yakni, sampai besok pukul 12 siang," tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)



×