thumbnail Default

MADIUN – Keterbukaan informasi terus dikedepankan Pemerintah Kota Madiun. Sosialisasi terkait keinformasian pun gencar dilakukan. Kali ini, sosialisasi menyasar kalangan pelajar. Sosialisasi terkait keterbukaan informasi bertajuk PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Goes to School tersebut berlangsung di SMAN 2 Kota Madiun, Kamis (22/2). Kegiatan semakin menarik lantaran dibuka Wali Kota Madiun, Dr. Maidi.
Keterbukaan informasi memang menjadi perhatian Wali Kota Dr. Maidi. Bahkan, menjadi salah satu poin misi wali kota dalam Panca Karya. Yakni, Madiun Kota Terbuka. Tak heran, informasi di Kota Madiun murah dan mudah diakses.
‘’Di Kota Madiun sudah ada tiga ribu lebih wifi gratis. Ini salah satunya agar masyarakat mudah dalam mengakses informasi,’’ kata wali kota.
Hal itu penting khususnya bagi kalangan pelajar. Era sekarang ini, banyak materi di dunia digital. Artinya, harus diakses melalui internet. Di Kota Madiun, pelajar tidak perlu kesulitan kuota internet. Ada ribuan titik wifi sampai di tingkat RT. Tak hanya itu, wifi juga ada di kawasan sekolah. Wali kota menyebut akses internet ini penting agar pelajar Kota Madiun bisa meraih generasi emas di 2045 mendatang.
‘’Juga ada program laptop. Jadi anak-anak tidak kesulitan untuk belajar. Kita tidak ketinggalan dan siap merebut generasi emas di 2024 nanti,’’ ujarnya.
PPID Goes to School merupakan program yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun. Kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan informasi kepada kalangan pelajar. Harapannya, pelajar sebagai generasi milenial itu tidak hanya melek informasi tetapi juga bisa menjadi pengawal keterbukaan informasi itu sendiri.
‘’Pelajar harus bisa menjadi agen informasi. Harus bisa menyampaikan sekaligus menangkal informasi yang tidak benar,’’ pungkasnya.
Ada banyak materi menarik dalam kegiatan tersebut. Mulai soal Radio Suara Madiun, keamanan informasi, dan juga soal peran dan fungsi PPID itu sendiri. Kegiatan rencananya juga akan menyambangi sejumlah sekolah lain ke depan. (dspp/agi/diskominfo)